Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Lancar menjahit dengan mesin jahit

assalamualaikum,

Salam blogger dan penjahit Indonesia semua, kali ini saya akan coba membahas cara menggunakan atau mengoperasikan mesin jahit. Memang sangat penting dalam belajar menjahit kita bisa menggunakan mesin jahit. Menggunakan atau mengoperasikan mesin jahit tidak dibutuhkan keahlian khusus, yang diperlukan adalah kemauan dan fokus
dalam belajar. Sebenarnya belajar menggunakan mesin jahit, apapun merknya prinsipnya sama saja. Suatu contoh, ingat nggak ketika waktu kecil dulu kita belajar naik sepeda? Nah, prinsipnya sama, yang penting harus ada kemauan yang keras dari diri kita.

Ok, langsung saja ya! Untuk belajar menggunakan mesin jahit yang harus kita lakukan adalah :

1. Mengenali merk mesin jahit yang kita miliki, tujuannya agar memudahkan kita dalam mencari informasi panduan manual dari mesin jahit kita.
2. Belajar mengenali bagian-bagian dari mesin jahit yang kita miliki. Pada dasarnya semua merk mesin jahit memiliki bagian-bagian utama yang sama, hanya berbeda letak dan penempatannya. Untuk contoh nama bagian-bagian mesin jahit anda bisa baca dan pelajari di postingan Mengenal Mesin Jahit
3. Setelah akrab dan kenal dengan mesin jahit, maka kita coba menjalankan mesin jahit kita.
Tips : untuk belajar mengoperasikan mesin jahit, jarum mesin jangan dipasang dulu.
4. Kalau mesin jahit yang kita miliki adalah mesin jahit kayuh atau yang ada pedalnya, maka pastikan kayuh atau pedal mesin sudah terpasang dengan baik. Jika sudah, anda bisa coba menggerakkan mesin jahit atau mengayuh dengan menggunakan kaki anda. Lakukan hal ini sampai anda merasa lancar dan terbiasa.
5. Kalau mesin jahit anda termasuk yang portable, atau menggunakan motor listrik (dinamo) maka pastikan semua sambungan kabel dan pedal saklar terpasang dengan baik. Jika sudah, silakan anda coba menekan pedal saklar perlahan-lahan dulu, jangan diinjak penuh. Bayangkan saja pedal mesin jahit ini seperti pedal gas pada mobil (bagi yang punya mobil, he he he he). Jadi kita bisa mengatur kecepatan mesin jahit sesuai keinginan kita. Lakukan hal ini terus-menerus sampai anda terbiasa dan mahir.

Pengetahuan tentang mesin jahit sendiri sangat luas , karena banyak sekali produk dan model mesin jahit yang beredar di pasaran. Jika rekan-rekan berminat mempelajari lebih dalam tentang mesin jahit, tentang pengoperasian, perawatan dan perbaikan, rekan sekalian bisa membeli ebook-nya disini. Harganya sih lumayan mahal, tapi setimpal dengan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan tentang mesin jahit. 

Untuk saat ini cukup itu dulu, selanjutnya tentang belajar menggunakan mesin jahit akan saya postingkan sekalian dengan praktek menggunakan bahan. Sukses buat anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Lancar menjahit dengan mesin jahit