Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Bahan Pelapis Busana: Underlining (Lapisan Bawah)

Bahan pelapis yang digunakan sebagai salah satu material atau bahan pembuatan pakaian berpengaruh terhadap pembentukan pakaian yang berkualitas. Bahan pelapis dapat didefinisikan sebagai bahan tambahan yang terletak di bawah bahan utama yang berfungsi sebagai pembentuk, penopang kain, menjaga kekuatan kain dari gesekan, lipatan, tekanan, dan tahanan rendaman. Bahan pelapis juga dapat berfungsi sebagai pemberi rasa nyaman saat pemakaian (rasa sejuk, hangat, dan menghindari dari rasa gatal).
Underlining
Underlining
Sumber: http://blog.megannielsen.com
Underlining
Sumber: http://blog.megannielsen.com

Setiap bahan lapisan pada busana memiliki fungsi khusus yang mempengaruhi penampilan sebuah pakaian. Salah satunya lapisan bawah atau underlining, merupakan bahan pelapis yang terletak di bagian bawah (bagian buruk) bahan utama pakaian (Garment Fabrics). Bahan pelapis ini juga disebut dengan lapisan pertama. Lapisan bawah berfungsi untuk menguatkan bahan utama pakaian dan keseluruhan desain.
Penempatan Bahan Pelapis Pada Busana
Penempatan Bahan Pelapis Pada Busana
Sumber: http://garmenstudionline.blogspot.com
Keterangan gambar :
a. Bahan utama
b. Interlining
c. Interfacing
d. Underlining
e. Lining 
Konstruksi bahan pelapis lapisan bawah (underlining) memiliki ciri-ciri bobot yang relatif stabil dan ringan sampai yang sedang, dengan penyempurnaan yang lembut, sedang, dan gemersik (crisp). Contoh bahan underlining yaitu sutra cina, organdi, organza, muslin, batiste, tula, rayon, tricot ringan (untuk rajutan), dan sebagainya.
Bahan Underlining
Bahan Underlining
Sumber: http://garmenstudionline.blogspot.com

Fungsi dari bahan pelapis underlining adalah memperkuat bahan utama busana secara keseluruhan, memperkuat kelim dan bagian-bagian busana, mencegah bahan tipis agar tidak tembus pandang, menjadikan sambungan bagian-bagian pakaian atau kampuh tidak kelihatan dari luar.
Underlining
Underlining
Sumber: http://sewaholic.net
Underlining
Sumber: http://sewaholic.net
Penggunaan dan penempatan bahan pelapis underlining dipasang pada bagian-bagian tertentu pada busana, misalnya bahan organdi atau organza dapat digunakan sebagai bahan penegak kerah. Underlining digunakan untuk menyelesaikan lapisan menurut bentuk dan belahan tengah muka. Underlining dapat dipasang di seluruh bagian busana.
Underlining
Underlining
Sumber: http://media.coletterie.com
Untuk artikel selanjutnya kita masih membahas mengenai bahan pelapis pada busana yaitu bahan pelapis lapisan dalam atau interfacing. Simak terus artikel kami ya sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Bahan Pelapis Busana: Underlining (Lapisan Bawah)