Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Mesin Jahit Janome 680 pusakaku

Ya, inilah mesin jahit pertama saya, Janome 680. Saya tidak tahu secara pasti apakah mesin ini termasuk mesin jahit portable atau tidak, yang jelas fiturnya hampir sama dengan mesin jahit portable masa kini.

Sebenarnya mesin jahit Janome 680 ini adalah mesin jahit milik Ibunda saya tercinta. Beliau membelinya pada tahun 1998 lengkap dengan aksesoris dan mejanya. Setelah beliau meninggal mesin jahit ini diwariskan kepada saya. 

Janome 680 inilah yang sudah menemani saya selama bertahun-tahun, mulai awal saya belajar menjahit sampai sekarang. Mesin jahit ini juga yang sudah banyak memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang keterampilan menjahit kepada saya selama ini.


Sudah banyak sekali kreasi busana yang sudah berhasil saya buat menggunakan mesin jahit Janome 680 ini. Dan selama ini, mesin jahit ini tidak pernah mengecawakan saya dalam pekerjaan jahit-menjahit busana. 

Mesin jahit Janome 680 ini sudah menggunakan dinamo 100W sebagai penggerak utamanya. Dilengkapi dengan lampu penerangan pada bagian head tangkai jarum mesinnya, sehingga memudahkan kita dalam memasang benang dan pekerjaan menjahit.

Pada awal belinya dulu, mesin jahit ini masih mampu digunakan untuk menjahit kain tebal. Tapi seiring waktu performanya sedikit menurun sehingga sudah tidak mampu untuk menjahit kain tebal.

Untuk fitur dari mesin jahit Janome 680 ini tidak banyak berbeda dengan mesin jahit portable saat ini. Diantara fitur-fiturnya adalah : menjahit lurus, menjahit zig-zag, semi obras, semi neci, pasang kancing, lubang kancing, pasang resleting, dan 24 motif jahitan dengan menggunakan 24 cam yang berbeda.

Saya memang menganggap mesin jahit ini sebagai pusaka saya, selain karena ini peninggalan orangtua, juga karena keawetan dari Janome 680 ini.

Saya sering sekali mendapat tawaran dari orang yang mau beli mesin ini, tapi saya tidak mau menjualnya. Nilai historis mesin jahit Janome 680 ini sudah banyak sekali bagi saya, sehingga rasanya berat sekali kalau saya sampai menjualnya.

Pada awal blog belajarbusana.com saya buat, mesin jahit Janome 680 inilah yang saya pakai sebagai referensi. Tanpa mesin ini saya tidak akan bisa memberikan pengetahuan dasar tentang mesin jahit kepada rekan-rekan penjahit.

Ok, mungkin sampai disini dulu untuk postingan kali ini. Simak video penampakan dari mesin jahit Janome 680 di bawah ini. Pada postingan selanjutnya, saya akan berikan ulasan cara setting mesin jahit Janome 680. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Mesin Jahit Janome 680 pusakaku