Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Tips Menyimpan Jarum Mesin Jahit

Jarum mesin jahit merupakan salah satu komponen penting pada mesin jahit yang memiliki peranan cukup besar dalam kegiatan jahit menjahit. Sesuai dengan bentuk dan ukurannya, masing-masing jarum jahit memiliki fungsi tersendiri untuk menjahit bahan tekstil yang tebal, tipis, maupun bertekstur. Hanya saja terkadang faktor kelalaian dalam penggunaan jarum jahit yang tidak disesuaikan dengan jenis kainnya bisa berakibat fatal dan menyebabkan jarum patah atau bahkan merusak bahan. 

Jarum Mesin Jahit
Sumber : http://www.2littlehooligans.com/
Masalah yang seringkali terabaikan adalah kecenderungan seseorang dalam menyimpan jarum jahit dengan nomor-nomor yang berbeda pada satu wadah yang sama tanpa label ataupun penanda. Hal ini tentu menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kesulitan tersendiri dalam pemilihan jarum jahit. 
Jarum Mesin Jahit
Sumber : http://www.2littlehooligans.com/

Cara paling efektif untuk mempermudah pemilihan jarum jahit adalah dengan memisahkan jarum jahit berdasarkan nomornya. Kemudian tandai menggunakan spidol beraneka warna untuk mempermudah membedakan ukuran jarum jahit tersebut. Siapkan beberapa potong kertas label sebagai penanda jarum jahit disertai dengan deskripsi atau fungsi penggunaannya. Lalu warnai bagian sudut label tersebut menggunakan spidol yang sesuai dengan warna yang digunakan untuk jarum jahit agar tidak saling tertukar.
Jarum Mesin Jahit
Sumber : http://www.2littlehooligans.com/
Simpan jarum yang sudah diberi penanda pada satu kotak berukuran sedang yang sekiranya mampu menampung jarum secara keseluruhan. 
Jarum Mesin Jahit
Sumber : http://www.2littlehooligans.com/

Meski kelihatannya sangat sepele namun setidaknya cara ini bisa diterapkan untuk meminimalisir kesalahan serta mempermudah dan mempercepat pemilihan jarum jahit dalam keadaan yang sangat mendesak.
Jarum Mesin Jahit
Sumber : http://www.2littlehooligans.com/
Agar jarum jahit tetap awet dalam kotak penyimpanan, usai dipakai oleskan vaselin pada jarum jahit atau jarum mesin untuk melindunginya agar tidak mudah berkarat, rendam jarum dalam minyak kelapa selama sehari semalam untuk membuat jarum tetap tahan lama dan tidak mudah patah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Tips Menyimpan Jarum Mesin Jahit