Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Cara mengatasi masalah mesin jahit yang tidak bisa menghasilkan setik jahitan

Wah, panjang banget yah judulnya? Saya sendiri juga agak bingung waktu mau ngasih judul untuk artikel ini.

Artikel ini adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi. Beberapa bulan yang lalu, saya berencana akan menjahit blouse untuk istri saya. Namun naas, mesin jahit yang saya pakai
tiba-tiba mengalami masalah. Dan masalahnya adalah ketika dipakai untuk menjahit, setikan tidak muncul, sepertinya antara benang atas dan benang bawah tidak bisa terkait satu sama lain, sehingga tidak menghasilkan setik jahitan.

Setelah beberapa jam saya cek sana-sini (maklum, saya bukan teknisi mesin jahit), akhirnya ketemu sumber masalahnya. Ternyata, ada beberapa spare part mesin yang sudah aus dan rusak, sehingga wajib diganti.

Beberapa spare part yang harus diganti ini adalah plat pada as bulan sabit dan sarangan untuk rumah sekoci. Bagi Anda yang sedikit banyak pernah membongkar mesin jahit sendiri, tentunya tahu dan paham dengan nama alat yang saya sebutkan tadi. Untuk yang belum pernah tahu, lanjutkan membaca ya!

Letak spare part mesin jahit yang rusak ini ditunjukkan pada gambar di bawah ini.



Jika dilihat pada gambar di atas, bisa kita lihat antara as bulan sabit, rumah sekoci, plat bulan sabit, dan sarangan adalah beberapa komponen yang mem-fungsikan sekoci benang.
Masuk akal jika terjadi masalah pada setik jahitan apabila salah satu alat ini mengalami aus atau kerusakan. (note : info nama alat saya dapat dari si penjual)

Jika Anda mengalami masalah yang sama, akan lebih baik jika saat membeli contoh barangnya kita bawa. Karena, biasanya ada sedikit perbedaan untuk spare part mesin jahit merk Singer dan merk yang lain. Untuk mesin jahit yang saya pakai adalah mesin jahit kecil model lama merk Singer, yang biasanya body mesinnya warnanya hitam.

Tanpa menunggu lama, ketika semua pare part sudah saya dapatkan, segera saya lakukan penggantian. Agar kita bisa lebih paham lagi bagaimana cara mengatasi kerusakan ini, saya sudah siapkan video tutorial untuk cara perbaikannya. 

Sebelumnya saya mohon maaf, untuk cara pembongkaran spare part yang rusak tidak sempat saya video-kan, yang ada hanya video saat pemasangan saja. Berikut adalah video-nya.





Dari video di atas dapat kita ketahui ynag menjadi penyebab dari masalah setik jahitan yang tidak muncul saat mesin digunakan untuk menjahit adalah plat bulan sabit dan sarangan yang sudah aus, sehingga harus segera diganti. Setelah dua alat itu saya ganti, hasilnya adalah mesin jahit saya sudah bisa dipakai dengan normal kembali.

Itu tadi sedikit yang bisa saya sharing disini, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Cara mengatasi masalah mesin jahit yang tidak bisa menghasilkan setik jahitan