Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡5 Jenis Kain Untuk Membuat Body Cover

Selimut mobil atau biasa disebut dengan body cover merupakan sarung penutup mobil yang berfungsi untuk melindungi permukaan mobil dari berbagai kerusakan yang mungkin ditimbulkan dari air hujan, sinar matahari, debu dan goresan. Disamping itu juga berguna untuk menjaga ketahanan warna cat mobil dari pengaruh buruk sinar ultra violet. Sehingga dibutuhkan serat kain yang halus dan licin untuk mengurangi resiko timbulnya goresan ketika sedang memasang atau melepaskan body cover serta mampu mereduksi terpaan air hujan tanpa menimbulkan embun yang dapat menyebabkan flek pada permukaan cat mobil. Jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat selimut mobil diantaranya jenis kain parasut silver, polyester, milky, nylon, ripstok, dan taslan. 
Body Cover
Sumber : http://www.covermobil.web.id/
Parasit Silver
Kain parasit silver merupakan jenis kain standar untuk membuat sarung atau cover mobil yang terkenal sangat kuat dan tahan lama. Jenis kain ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan tergolong bahan yang kedap air sehingga sangat sesuai untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari, debu, dan air.
Body Cover
Sumber : http://www.tendastore.co.id/
Polyester
Polyester atau lebih dikenal dengan nama waterproof merupakan jenis kain yang memiliki ketahanan terhadap cuaca hujan dan panas. Jenis kain yang memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah pudar ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat selimut mobil yang diletakkan di ruangan terbuka.
Body Cover
Sumber : http://www.kaskus.co.id/

Nylon
Kain nylon berasal dari serat sintetis karet yang memiliki tekstur lembut, kuat, tidak mudah sobek, dan  lentur saat ditarik. 
Body Cover
Sumber : http://covernyamobil.blogspot.com/
Ripstok
Ripstok merupakan sejenis kain yang memiliki coating anti air pada bahan bagian dalam dan luarnya. Meski sebenarnya berbeda, namun jenis bahan yang biasa disebut coating bening ini memiliki kualitas anti gores dan ketahanan terhadap air yang sama antara bagian luar dan dalam bahannya.
Body Cover
Sumber : http://www.jualcovermotor.com
Taslan
Kain taslan termasuk jenis bahan spesial dari serat sintetis berkualitas tinggi yang memiliki lapisan mengkilat atau terang dan dikenal tahan terhadap air anti airnya yang mampu melindungi permukaan cat mobil dari goresan yang mungkin ditimbulkan. 
Body Cover
Sumber : http://www.pricearea.com/
Secara umum body cover yang baik terdiri dari empat komposisi, diantaranya lapisan pertama yang berada di bagian terluar berguna untuk menahan terpaan air hujan dan sinar matahari langsung. Lapisan kedua berfungsi sebagai media pernapasan untuk menghindari timbulnya embun ketika terjadi penguapan udara. Lapisan ketiga berguna sebagai pelindung dan penguat lapisan dasar lainnya. Sementara lapisan terdalam yang berbahan dasar lembut dan halus berfungsi untuk meminimalisir gesekan ketika memasang dan melepaskan body cover.
Body Cover
Sumber : http://kondommobil.com/
Dalam pemilihan body cover hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah kesesuaian jenis bahan dengan kondisi lingkungan serta penggunaannya (indor atau outdor). Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡5 Jenis Kain Untuk Membuat Body Cover