Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡5 Tahap Pembuatan Jaket Kulit Domba

Jaket kulit merupakan salah satu model pakaian penutup tubuh yang biasa dikenakan pada bagian paling luar. Selain digunakan sebagai pelindung sekaligus penutup tubuh, jaket kulit juga dapat difungsikan sebagai pelengkap gaya berbusana. Meski tampak sederhana, namun dalam pembuatan jaket kulit sendiri dibutuhkan berbagai teknik dan keterampilan tersendiri. Berikut beberapa tahap yang harus dilalui dalam proses pembuatan jaket dari kulit domba.
Proses Pembuatan Jaket Kulit Domba
Sumber : http://www.shartlesvillesheepskin.com
Leather Tanning (Penyamakan Kulit)
Hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan jaket kulit adalah proses leather tanning atau peyamakan kulit. Proses penyamakan kulit sendiri terbagi atas beberapa langkah, diantaranya berupa pencucian kulit binatang (washing), proses pengeringan kulit (drying), pencabutan bulu, serta proses pengawetan. 
Proses Pembuatan Jaket Kulit Domba
Sumber : http://www.fashionvortex.com
Coloring (Pewarnaan)
Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, maka dulakukanlah proses pewarnaan (coloring) menggunakan zat cair pewarna.
Proses Pembuatan Jaket Kulit Domba
Sumber : http://www.a1-furniture.co.uk
Pembuatan Pola Jaket
Setelah bahan baku selesai dipersiapkan tahap selanjutnya adalah pembuatan pola design atau model jaket kulit. Pembuatan pola pakaian untuk jaket kulit dapat dilakukan secara manual diatas kertas atau karton atau menggunakan software komputer untuk mempercepat proses pengerjaannya.
Proses Pembuatan Jaket Kulit Domba
Sumber : http://scargeear.deviantart.com
Proses Menjahit
Seperti layaknya proses pembuatan baju atau celana, dalam membuat  jaket kulit domba terdapat banyak kesamaan. Setelah pola jaket selesai dibuat dan maka diteruskan dengan proses sewing atau menjahit. Proses penjahitan (sewing) bisa dilakukan menggunakan mesin jahit secara manual atau bisa juga dengan konveksi untuk produksi partai besar. 
Proses Pembuatan Jaket Kulit Domba
Sumber : https://www.youtube.com/
Rouging Pemolesan
Sebagai penyelesaian akhir dilakukanlah proses pemolesan atau disebut juga dengan rouging. Tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan kotoran dan noda yang masih tersisa saat berlangsungnya proses produksi serta menciptakan permukaan jaket yang tampak lebih mengkilat. 
Proses Pembuatan Jaket Kulit Domba
Sumber : http://global.rakuten.com/
Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡5 Tahap Pembuatan Jaket Kulit Domba