Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡7 Jenis Kain Sutra Untuk Membuat Pakaian

Kain sutra merupakan salah satu jenis kain tekstil yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Diwilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia, kain sutra yang memiliki karakteristik sangat tipis, ringan, jatuh, dan lembut di kulit biasa dimanfaatkan untuk membuat busana pesta, syal, dress dan blouse. Seperti halnya kain kanvas, katun dan satin, kain sutra sendiri terdiri atas berbagai macam varian diantaranya berupa silk taffeta, raw silk, thai silk, japan silk, dupion silk, dupioni silk, nep silk, dan paper silk.
Silk Taffeta
Sutra taffeta merupakan jenis kain sutra mengkilap yang terkesan mewah terlebih jika ditambah dengan bordir atau sulaman. 
Silk Tafeta
Sumber : http://www.plumridge.com
Raw Silk
Raw silk memiliki permukaan mengkilap dengan tekstur kainnya yang tidak rata atau berserat. Jenis kain yang terdiri atas berbagai macam pilihan warna ini umumnya terbuat dari 100 % serat sutra sehingga terkesan sangat mewah dan harganya terbilang cukup mahal. 
Raw Tafeta
Sumber : http://www.fabricandart.com
Dupion Silk
Karakteristik dupion silk serupa dengan raw silk, namun agak kusut dan lebih tipis dibandingkan raw silk.
Dupion Silk
Sumber : http://www.bslltd.com
Dupioni Silk
Tidak jauh berbeda dengan jenis sutra sebelumnya, dupioni silk juga memiliki permukaan yang kusut namun sedikit lebih tebal dari dupion silk dengan tekstur dan corak seperti hujan gerimis. Harga kain dupioni silk lebih mahal dari pada dupion silk. 
Dupioni Silk
Sumber : http://www.plumridge.com
Thai Silk
Kain sutra thai silk yang terkesan mewah memiliki permukaan yang mengkilap dan tidak kaku sehingga sangat nyaman saat digunakan.
Thai Silk
Sumber : http://www.thaisilkmagic.com
Japan Silk
Japan silk secara garis besar memiliki karakteristik yang hampir sama dengan jenis thai silk.
Japan Silk
Sumber : http://global.rakuten.com
Nep Silk
Nep silk merupakan jenis kain sutra yang memiliki tekstur tipis seperti sifon dengan corak dan tekstur garis-garis.
Nep Silk
Sumber : http://www.fabricandart.com
Paper Silk
Sesuai dengan namanya, paper silk dapat dikategorikan kedalam jenis kain yang memiliki tekstur kaku seperti kertas. Kain yang didominasi oleh warna pastel ini permukaannya cenderung halus, tipis, dan mengkilat. 
Paper Silk
Sumber : http://www.naturalalchemist.com.au
Untuk menjaga dan mempertahankan tekstur kain sutra sebaiknya cuci bahan sutra dengan tangan dan jemur di tempat teduh. Gunakan setrika bertemperatur rendah saat menyetrika bahan tersebut.
Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡7 Jenis Kain Sutra Untuk Membuat Pakaian