Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡7 Jenis Resleting Berdasarkan Bahan Baku Pembuatannya

Berdasarkan bahan baku pembuatnya, dikenal banyak sekali jenis resleting pakaian yang biasa digunakan oleh para designer baju dan perancang busana untuk membuat bukaan pada pakaian maupun produk fashion lain berbahan dasar kain tekstil. Beberapa diantaranya yaitu berupa coil zipper, metal zipper, plastic zipper, delrin zipper (vislon zipper), invisible zipper, waterproof zipper, dan fireproof zipper.
Coil Zipper
Coil zipper merupakan salah satu jenis resleting yang memiliki teeth (gigi) zipper berbentuk gulungan panjang dari bahan polyester atau nylon. Coil zipper umumnya diproduksi dalam bentuk close end maupun open end dengan ukuran panjang yang tidak terbatas dan dijual dalam bentuk gulungan atau meteran. 
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://americanplastics.com
Metal Zipper
Dari namanya saja sahabat Fitinline pasti sudah bisa menebak kalau teeth (gigi) zipper yang satu ini terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang biasa digunakan yaitu berupa brass (kuningan), aluminium dan nikel. Seperti halnya coil zipper, jenis resleting ini juga diproduksi dalam bentuk close end maupun open end.
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://www.jeansbuttonzipperlace.com
Plastic Zipper
Jika dilihat secara sepintas, plastic zipper memiliki gigi resleting yang sangat mirip dengan metalic zipper. Hanya saja giginya terbuat dari bahan plastik atau resin. Oleh beberapa desainer, plastic zipper yang diciptakan dalam tipe open end sering kali diaplikasikan untuk membuat bukaan jaket maupun tas.
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://sewtrue.com
Delrin Zipper (Vislon Zipper)
Deldrin zipper atau biasa disebut dengan nama vislon zipper mempunyai bentuk teeth (gigi) zipper yang mirip seperti metal zipper tetapi bahannya terbuat dari resin polyacetal atau resin jenis lain seperti polyethylene. Jenis resleting ini bisa dijumpai dipasaran dalam bentuk close end maupun open end.
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://americanplastics.com
Invisible Zipper
Invisible zipper memiliki bentuk yang sangat mirip dengan Coil Zipper tetapi giginya tersembunyi dibalik tape zipper. Pada umumnya jenis resleting yang hanya tersedia untuk tipe close end ini banyak digunakan untuk Rok (Skirts) dan Gaun (Dresses). 
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://www.alibaba.com
Waterproof Zipper
Waterproof zipper merupakan jenis resleting yang biasa digunakan oleh para desainer untuk membuat berbagai macam pakaian yang digunakan didalam air bertekanan tinggi, salah satunya yaitu berupa pakaian selam.
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://www.alibaba.com
Fireproof Zipper
Sesuai dengan namanya, fireproof  zipper dapat didefinisikan sebagai resleting yang memiliki ketahanan terhadap panas atau api pada suhu tertentu. Berbeda dengan model resleting pada umumnya fireproof zipper dapat dijumpai pada baju-baju pemadam kebakaran atau produk lain sebut saja jok mobil. 
Jenis-Jenis Zipper
Sumber : http://www.starzipper.com
Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡7 Jenis Resleting Berdasarkan Bahan Baku Pembuatannya