Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Membuat Ruffle (Rempel Pada Kerah) Dengan Potongan Melingkar

Ruffle merupakan ornamen busana yang dibuat dari sepotong kain tekstil yang dikerut pada bagian atasnya sehingga menimbulkan efek bergelombang. Detail aplikasi yang diperoleh dari teknik manipulating fabric ini biasa di gunakan sebagai penghias busana dan ditempatkan pada garis leher, lengan maupun bagian lainnya untuk menghadirkan kesan anggun dan mewah. Penambahan ruffle pada busana juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menutupi bagian tubuh tertentu agar terlihat seimbang dan ideal.

Ruffle
Sumber : http://www.aliexpress.com/
Dalam pembuatan ruffle dengan potongan melingkar, pertama-tama buat sebuah lingkaran besar dari bahan kain yang telah disiapkan kemudian buat satu buah lingkaran berukuran lebih kecil didalamnya. Gunting lingkaran kecil didalamnya sehingga menyisakan potongan kain berbentuk menyerupai donat dengan lebar tertentu sesuai dengan kebutuhan. Tepi luar lingkaran tersebut nantinya berperan sebagai tepian luar ruffle.
Ruffle
Sumber : http://shwinandshwin.blogspot.com/

Ruffle
Sumber : http://shwinandshwin.blogspot.com/
Buat dua buah jahitan lurus sejajar sepanjang lingkaran dalam lalu rekatkan potongan kain tersebut pada bagian baik bahan utama sehingga bagian baik keduanya saling berhadapan. Kemudian beri penanda pada bagian ujung dan tengah potongan kain menggunakan jarum pentul agar posisinya tidak bergeser atau berubah. 
Ruffle
Sumber : http://shwinandshwin.blogspot.com/
Selanjutnya tarik masing-masing ujung benang dari salah satu sisi secara bersaman untuk mendapatkan efek berkerut dan terkesan penuh. 
Ruffle
Sumber : http://shwinandshwin.blogspot.com/

Lipat ruffle untuk menyembunyikan bagian buruknya kemudian tindas dengan setikan lurus mengunakan bantuan mesin jahit (sesuaikan warna benang dengan warna kain yang dijahit).
Ruffle
Sumber : http://shwinandshwin.blogspot.com/
Sebagai penyelesaian akhir, setrika bagian ruffle tersebut untuk memperoleh tampilan yang lebih rapi, halus dan terkesan jatuh.
Ruffle
Sumber : http://shwinandshwin.blogspot.com/
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Membuat Ruffle (Rempel Pada Kerah) Dengan Potongan Melingkar