Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Pemilihan Mesin Jahit Sesuai Kebutuhan

Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit. Sejarah jahit-menjahit dengan menggunakan jarum sudah dimulai pada awal-awal peradaban manusia. Bahan jarumnya bermacam-macam, ada yang terbuat dari batu, tembaga, tulang, ataupun gading. Jarum yang masih kasar itu digunakan untuk menyatukan kulit hewan menjadi pakaian. Sementara benang yang digunakan dibuat dari otot hewan. Jarum logam digunakan sekitar abad ke-14, merupakan jarum dengan menggunakan lubang yang umum dijumpai pada saat ini. Usaha demi usaha yang dilakukan oleh orang banyak untuk mematenkan mesin jahit temuannya telah menghasilkan mesin jahit yang berkualitas dan banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini. Dengan ditemukannya mesin jahit, kita pun menjadi mudah untuk membuat pakaian.
Dari cara pengoperasiannya mesin jahit terbagi menjadi tiga jenis yaitu mesin jahit mekanik atau manual, mesin jahit listrik, dan mesin jahit komputer.
Mesin jahit mekanik atau manual, mesin jahit manual saat pertama kali diciptakan berupa peluru berbentuk gelendong. Mesin jahit manual yang paling primitif pada awalnya hanya mampu untuk menjahit jahitan rantai. Meskipun jahitan rantai ini mampu membuat jarak jahitan kecil dan rapi, tetapi jahitan rantai memiliki kelemahan yakni jahitannya sangat mudah terurai. Agar jahitan tidak mudah terurai maka mesin jahit harus bisa menjahit dengan dua benang sejajar, dari jarum atas dan kumparan yang dibawahnya, sehingga penjahit bisa membuat jahitan kunci. Kini mesin jahit manual sudah mampu membuat jahitan zigzag. Untuk mesin jahit manual high-end juga sudah mampu menjahit dengan jahitan dekoratif.
Mesin Jahit Manual
Mesin Jahit Manual
(Sumber: http://rainbow-felt.blogspot.com)

Satu lagi mesin jahit manual yang paling simple dan mudah digunakan, yaitu mesin jahit tangan atau sering disebut mesin jahit mini. Mesin ini digunakan untuk menjahit pakaian yang rusak karena robek. Dengan bentuk mesin yang persis seperti staples sehingga mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana.
Mesin Jahit Mini
Mesin Jahit Mini
(Sumber: http://uniqueloecoe.blogspot.com)
Mesin jahit listrik, jenis mesin jahit ini sistem kerjanya adalah impulse listrik akan menembak jarum dan mengembalikannya kembali dengan gerakan yang ritmik, diimbangi juga dengan gerakan mekanik yang mendorong kain saat dijahit. Gerakan mekanik ini sebagai pengganti push dan pull seperti yang terjadi panda mesin jahit manual. Mesin jahit listrik memiliki produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin jahit manual.
Mesin Jahit Listrik Merek Singer Seri 680 U
Mesin Jahit Listrik Merek Singer Seri 680 U
(Sumber: http://ninisekar.multiply.com)

Mesin jahit komputer, dibandingkan dengan mesin jahit listrik mesin jahit komputer merupakan mesin jahit yang paling canggih dari semua jenis mesin jahit. Mesin jahit komputer juga digerakkan oleh listrik sebagaimana mesin jahit listrik. Namun mesin jahit komputer memiliki mikroprosesor. Hal ini memungkinkan mesin jahit komputer untuk membuat pola, baik berupa jahitan dekorasi maupun menjahit border. Mesin jahit komputer sangat canggih, mesin ini akan berhenti secara otomatis bila terjadi pergantian warna sesuai dengan pola yang telah dibuat di komputer. Pekerjaan jahit-menjahit yang rumit jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan sistem komputerisasi. Mesin jahit ini dioperasikan dengan layar sentuh (touchscreen) yang bisa terhubung ke komputer melalui konektivitas port USB 2.0 maupun menyimpan banyak file-file pola rancangan lewat slot kartu memori. Mereka yang tidak memiliki pengetahuan dalam hal jahit-menjahit dan bordir sekalipun akan merasakan bahwa menjahit adalah sesuatu yang mudah dikerjakan.
Mesin Jahit Komputer
Mesin Jahit Komputer
(Sumber: http://asiacomptech.blogspot.com)
Mesin Jahit Komputer
(Sumber: http://asiacomptech.blogspot.com)
Untuk Sahabat Fitinline yang baru memulai usaha menjahit atau hobi menjahit, sebaiknya perhatikan dalam memilih mesin jahit sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Ada baiknya mencari info dan bertanya kepada yang lebih tau sebelum membeli mesin jahit. Agar dalam proses menjahit menjadi mudah dan menyenangkan.
Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Pemilihan Mesin Jahit Sesuai Kebutuhan