Belajar Menjahit, Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Pola Baju Kerja, Pola Baju Dinas, Tutorial Menjahit, Cara Memperbaiki Mesin Jahit, Panduan Permak Pakaian, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

♡Tips Sederhana Merawat Kain Velvet

kali ini kita akan memberikan tips sederhana untuk merawat kain velvet. Kain velvet memiliki karakter yaitu permukaannya yang berbulu halus sehingga terlihat mewah dan glamor. Kesan mewah, glamor, elegan dan eksklusif tersebut selalu hadir pada fashion yang berupa kebaya, dress, sepatu, tas, ataupun dompet. Untuk itu, perlulah anda berhati-hati dalam merawatnya. Salah perawatan, kain velvet kesayangan anda bisa rusak dan tidak awet. Simak yuk tips-tipsnya.

Jika kain velvet anda sudah dalam bentuk busana berupa kebaya, ini tipsnya. Jika terkena noda, secepatnya bersihkan supaya noda tak masuk semakin dalam ke serat kain. Gunakan kain dengan daya serap tinggi, detergen, sikat berbulu lembut dan air hangat. Gosok-gosokkan dengan lembut dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan detergen tadi, selanjutnya dilarutkan dengan air hangat hingga noda tersebut hilang. Selanjutnya, kebaya velvet dapat pula dikeringkan dengan hair dryer dengan jarak yang tak terlalu dekat. Anda juga bisa menggunakan jasa laundry khusus (dry clean) jika ingin membersihkan keseluruhannya.
Kebaya Velvet atau Beludru
Kebaya Velvet atau Beludru
Sumber: http://tomodiah.blogspot.com

Dress atau gaun velvet atau beludru yang elegan memang selalu memberikan kesan mahal dan ekslusif bagi pamakainya, hal inilah yang membuat gaun beludru disukai oleh banyak orang. Namun, untuk menjaga bentuknya agar tidak mengelupas dan rusak, gaun beludru juga memerlukan treatment khusus yang harus anda perhatikan jika anda tidak ingin gaun kesayangan anda rusak. Ini dia beberapa tips yang harus anda ketahui mengenai gaun beludru kesayangan anda. Gaun yang terbuat dari bahan beludru sebaiknya jangan terlalu sering dicuci. Misalnya, setelah anda memakai sekali dan menemukan sedikit kotoran pada beberapa bagian, sebaiknya anda hanya membersihkan pada bagian yang kotor saja. Setelah itu, anda bisa menyemprotkan pengharum pakaian sebelum menyimpan kembali pakaian anda. Jangan pernah mencuci gaun velvet anda dengan proses dry cleaning karena akan merusak gaun anda. Jika memang gaun anda sudah terlalu kotor dan memang harus dicuci, sebaiknya rendam gaun beludru pada air dingin yang telah diberi detergen yang lembut atau cair. Tetapi jangan terlalu lama merendam, lebih baik segera cuci dengan tangan dan bilas dengan air dingin. Setelah bersih, gantung di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Jika anda menemukan noda yang sulit hilang saat dikucek, anda bisa memakai sikat gigi bekas yang halus dan menggosoknya pada bagian yang bernoda. Setelah gaun beludru anda kering, sebaiknya jangan disetrika dalam suhu yang panas. Anda bisa menggunakan bahan pelapis agar panasnya tidak langsung mengenai bahan velvet. Bulunya akan "tidur" jika terkena panas, yang pastinya akan rusak. Cara menyetrikanya pun harus diangkat turun, jangan sekali-sekali diseret maju mundur. Supaya dapat mengembalikan kehalusan bahan, gantung busana tersebut di dalam kamar mandi selagi ada uap dari air panas. Jangan sentuh busana tersebut sampai benar-benar kering. Cara perawatan ini juga berlaku pada jaket, blazer, dan celana berbahan kain velvet.
Dress Velvet atau Beludru
Dress Velvet atau Beludru
Sumber: http://mikaylasfavouritethings.blogspot.com
Gaun Velvet
Gaun Velvet
Sumber: http://www.hijabtrendz.com

Jika anda memiliki koleksi velvet berupa tas maupun dompet, untuk membersihkannya yaitu dengan menggosokkan kain yang telah dicelupkan pada detergen cair yang telah dilarutkan dengan air panas sampai nodanya hilang. Dan untuk sepatu berbahan velvet, jangan terlalu sering mencucinya. Jika terpaksa dicuci maka keringkanlah dengan menggunakan hair dryer, namun perhatikan jaraknya juga agar tidak terlalu dekat. Dan untuk perawatan rutin, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner kecil secara teratur agar kotoran terangkat dari permukaan velvet. Anda juga bisa mengeringkan dengan cara lain, yaitu menggunakan steamer. Anda juga bisa menggunakan proses dry clean dan hindarkan dari produk-produk yang mengandung bahan pemutih.
Velvet Shoes
Velvet Shoes
Sumber: http://rushourfashion.com
Evening Bags Velvet
Evening Bags Velvet
Sumber: http://www.fashion-conscience.com
Untuk penyimpanannya, sebaiknya dilapisi dengan plastik. Dengan begini baik dress, tas, dompet, ataupun sepatu anda akan tampak selalu baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ♡Tips Sederhana Merawat Kain Velvet